Efek Blur pada Background

Langkah 1
Bukalah sebuah foto dengan seorang atau lebih model foto. Foto yang saya gunakan ini kalau tidak salah dari acara Tolak banned di Kaliurang dulu.

Langkah 2
Pisahkan dulu gambar model dari background dalam sebuah layer yang lain. Caranya dengan membuat seleksi pada model kemudian Edit > Copy dan Edit > Paste pada file itu juga. Secara alternatif bisa juga dengan melakukan Ctrl + J setelah gambar diseleksi.

Apabila pada gambar model tersebut terdapat bagian rambut yang diseleksi, saya sarankan untuk menggunakan channel dan layer mask untuk menyeleksinya. Tentang seleksi dengan tehnik ini bisa dibaca pada Seleksi dengan Layer Mask dan Seleksi dengan Channel.

Langkah 3
Setelah gambar model berada pada layer yang terpisah, sekarang aktifkan / pilih layer background. Layer background ini yang akan kita beri efek blur.

Langkah 4
Pilihlah menu Filter > Blur > ..
Dari pilihan menu blur tersebut, pilihlah salah satu. Jumlah dan jenis efek blur yang tersedia disini bervariasi sesuai dengan versi Photoshop yang digunakan. Pada Photoshop versi baru jumlahnya semakin banyak dibanding versi-versi sebelumnya.
Berikut ini adalah filter blur yang seringkali saya gunakan, misalnya:

Gaussian blur
Dengan filter blur ini kita akan bisa membuat gambar model nampak lebih fokus daripada gambar latar belakangnya. Nilai radius bisa diubah-ubah untuk menentukan tingkat kekaburan gambar.

Motion Blur
Dengan filter blur ini kita bisa membuat sebuah obyek / model foto nampak bergerak dengan kecepatan tinggi. Pangaturan tingkat kekaburan gambar bisa dilakukan dengan mengubah nilai pada Distance. Sedangkan arah gerakan kabur bisa diatur dengan mengubah nilai derajat pada Angle (bisa juga dengan memutar-mutar garis pada gambar lingkaran).

Radial Blur
Filter blur ini mempunyai dua pilihan, yaitu Spin dan Zoom. Spin digunakan untuk membuat efek kabur dengan bentuk putaran. Sedangkan Zoom digunakan untuk membuat efek kabur dengan arah dari tengah ke tepi. Tingkat kekaburan gambar bisa diatur dengan mengubah nilai pada Amount.

Selain hanya digunakan untuk membuat kesan kabur, efek blur bisa dikombinasikan lagi dengan penggunaan layer blending yang berbeda-beda untuk membuat efek lain yang lebih menarik. Tinggal kita eksplorasi lebih lanjut kemampuan program Adobe Photoshop ini.
Pada tutorial photoshop berikutnya kita coba menerapkan efek blur lagi, tetapi hanya pada sebagian dari gambar saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s